Sunday, August 24, 2014

Pengertian, Perbedaan dan Persamaan Internet dan Intranet

Tags

Dewasa ini teknologi kian berkembang dan meluas di masyarakat. Teknologi seolah menjadi kebutuhan pokok manusia era global untuk menciptakan komunikasi secara luas. Sebut saja internet yang telah menjadi bagian penting dalam system komunikasi. Kebutuhan akan informasi di internet terlihat dari pelayanan akses internet yang semakin meluas seperti pada handphone dan warung internet.

Internet dan intranet merupakan dua hal yang popular di kalangan ahli IT. Namun, bagi masyarakat awam internet lebih dikenal ketimbang intranet. Bagi orang-orang yang menggeluti bidang IT tentu sudah paham mengenai perbedaan dan persamaan keduanya. Berbeda dengan masyarakat awal yang mungkin masih belum mengetahui perbedaan dan persamaan antara internet dan intranet. Berikut ini adalah perbedaan dan persamaan antara internet dan internet tapi sebelum mengetahui perbedaannya kita harus tahu dulu pengertiannya

PENGERTIAN DAN DEFENISI JARINGAN INTERNET

Internet (interconnection-networking) merupakan sebuah jaringan besar yang saling berhubungan dari jaringan-jaringan komputer yang menghubungkan para pengguna komputer diseluruh dunia, lewat telepon, satelit atau bisa juga dengan sistem-sistem komunikasi yang lain. Internet dibentuk oleh jutaan komputer yang terhubung bersama dari seluruh dunia, memberi jalan bagi informasi (mulai dari text, gambar, audio, video, dan lainnya ) untuk dapat dikirim dan dinikmati bersama. Untuk dapat bertukar informasi, digunakan protocol standar yaitu Transmision Control Protocol dan internet Protocol yang lebih dikenal sebagai TCP/IP.
Pengertian internet secara umum adalah kumpulan jaringan komputer yang terhubung baik secara langsung ataupun tidak langsung (Nirkabel) antara satu perangkat ke perangkat lainnya yang bertujuan untuk pertukaran data menggunakan protokol TCP/IP, internet tidak hanya komunikasi antar perangkat komputer, melainkan juga perangkat lainnya seperti mobile device dan bahkan berbagai bentuk peralatan lainnya.

PENGERTIAN DAN DEFENISI INTRANET

Intranet merupakan sebuah jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP layaknya internet hanya saja penggunaannya lebih dibatasi atau lebih tertutup jadi tidak semua orang dapat secara mudah mengakses intranet dan hanya orang-orang tertentu saja yang bisa masuk dan menggunakan intranet. Hal ini bertujuan untuk menjaga sebuah informasi yang penting agar tidak semua orang dapat mengaksesnya dengan mudah.
Biasanya intranet di gunakan dalam internal perusahaan, kantor, Intranet kemeperin, bahkan WARNET dapat juga di golongkan sebagai intranet.
Antar Intranet dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya melalui sambungan Internet yang memberikan tulang punggung komunikasi jarak jauh
Keuntungan atau kelebihan menggunakan intranet
1. Intranet membantu pengguna untuk menemukan informasi lebih cepat, menggunakan aplikasi yang sesuai dengan pekerjaan dan tanggung jawabnya, serta mengakses database yang diperlukan.
2. Perusahaan dapat memberikan informasi yang lebih lengkap dan cepat dari pada memberikan informasi melalui email kepada setiam karyawan.
3. Memungkinkan komunikasi efektif baik secara vertikal (atasan-bawahan) maupun horizontal (karyawan-karyawan) sehingga para karyawan akan selalu dapat mengetahui kebijakan terbaru yang ditempuh oleh organisasi/perusahaannya.
4. Memungkinkan data-data organisasi/perusahaan dapat diakses secara mudah.
5. Pengguna tidak perlu lagi membaca data fisik seperti buku manual, pengguna dapat membaca data melalui web browser.
6. Intranet menjamin keseragaman informasi yang diterima karena semua pengguna melihat informasi yang sama dalam intranet.
 
Setelah mengetahui pengertian internet dan intranet di atas kita dapat menyimpulkan perbedaan dan persamaan internet dan intranet yaitu :

PERBEDAAN

INTERNET

1.Bisa diakses kapan saja , siapa saja , dan dimana saja.
2.Sebuah jaringan computer yang sangat besar .
3.Informasi yang diaksespun dapat berupa teks , grafik , suara , maupun video .
4.Perkembangan sangat cepat dan luas hingga bisa diakses di seluruh dunia.
5.Jaringan nya sangat luas dan cepat .


INTRANET

1.Biasa digunakan di sekolah , universitas , perkantoran/perusahaan (tidak umum)
2.Sebuah system jaringan dengan skala yang lebih kecil.
3.Informasi berita berupa prosedur tertentu , atau kumpulan data dapat dimasukkan dalam system pusat informasi yang berdasarkan HTML (HyperText Markup Language)
4.Perkembangan nya lambat dan tidak dapat diakses di seluruh dunia .
5.Jaringan nya tidak luas (sempit)

 

PERSAMAAN

INTRANET & INTRANET
1.Sebuah system jaringan computer yang menggunakan teknologi.
2.Dapat digunakan berhubungan antarkomputer.
3.Sama-sama menggunakan perangkat lunak protocol TCP/IP, dan HTTP , sehingga keduanya memiliki fasilitas seperti e-mail , FTP , dll



1 komentar so far

Pengertian, Perbedaan Dan Persamaan Internet Dan Intranet - Arfin Blog >>>>> Download Now

>>>>> Download Full

Pengertian, Perbedaan Dan Persamaan Internet Dan Intranet - Arfin Blog >>>>> Download LINK

>>>>> Download Now

Pengertian, Perbedaan Dan Persamaan Internet Dan Intranet - Arfin Blog >>>>> Download Full

>>>>> Download LINK


EmoticonEmoticon